a)
Pengertian
ICT
Jika ditinjau dari asal sebuah kata
teknologi. Kata teknologi berasal dari bahasa Yunani, technologia, atau techne
yang mempunyai arti ‘keahlian’ dan logia yang berarti ‘pengetahuan’. Sebuah
definisi dari kata Teknologi, Information, Communication, and Technology (ICT),
serta Teknologi dalam pendidikan. Dari ketiga definisi tersebut dapat
disimpulkan bahwa Teknologi adalah suatu hasil karya manusia yang dihasilkan
dari penemuan sebuah pola fakir manusia yang bertujuan untuk mempermudah
manusia untuk menyelesaikan pekerjaannya. Dari penciptaan teknologi tersebut
diciptakanlah sebuah Informasi dan Komunikasi berbasis komputer yang bertujuan
untuk menyebarkan informasi. Teknologi juga diterapkan dalam ilmu pendidikan
yang bertujuan untuk menyajikan berbagai ilmu pengetahuan.
Pembelajaran berbasis ICT( Information
and Communication Technology) adalah pembelajaran yang
berasaskan konsep pembelajaran computer dan multimedia.
ICT merupakan sistem atau teknologi yang dapat mereduksi batasan ruang dan waktu untuk mengambil, memindahkan, menganalisis, menyajikan, menyimpan dan menyampaikan data menjadi sebuah informasi.Teknologi Informasi sama dengan teknologi lainnya, dalam teknologi informasi, informasi merupakan komoditas yang diolah dengan teknologi tersebut. Bentuk dari teknologi adalah kumpulan pengetahuan (knowledge) yang diimplementasikan dalam tumpukan kertas (stacked of papers), atau sekarang berbentuk file-file dalam media penyimpan seperti disket, CD-ROM, flash disk.
ICT merupakan sistem atau teknologi yang dapat mereduksi batasan ruang dan waktu untuk mengambil, memindahkan, menganalisis, menyajikan, menyimpan dan menyampaikan data menjadi sebuah informasi.Teknologi Informasi sama dengan teknologi lainnya, dalam teknologi informasi, informasi merupakan komoditas yang diolah dengan teknologi tersebut. Bentuk dari teknologi adalah kumpulan pengetahuan (knowledge) yang diimplementasikan dalam tumpukan kertas (stacked of papers), atau sekarang berbentuk file-file dalam media penyimpan seperti disket, CD-ROM, flash disk.
b). Ragam Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT
1. interactive multimedia instructional(IMMI)
seperti: media
teks (papan tulis), audio, video.
2. E-Media
E-Media (electronic-media)
adalah media belajar yang dikemas dalam bentuk CD-ROM Interaktif. E-Media akan
dapat menggali kemampuan individual siswa serta menimbulkan daya tarik,
sehingga diharapkan dapat melahirkan motivasi bagi siswa dalam meningkatkan
prestasi dan hasil belajarnya.
3. E-Learning.
E-learning
adalah sebuah proses pembelajaran yang berbasis elektronik. Salah satu media
yang digunakan adalah jaringan computer (intranet atau internet). Dengan
dikembangkannya di jaringan komputer memungkinkan untuk dikembangkan dalam
bentuk berbasis web
Fitur :
§Lesson : materi
pembelajaran yang lebih menarik, dapat terdiri dari beberapa halaman, siswa
diberikan pilihan untuk menentukan halaman yang akan dilihat berikutnya.
§ Quis :
guru dapat
membuat paket tes dalam bentuk quiz : pilihan ganda, benar-salah, dan soal
jawaban singkat.
§ Resource :
guru dapat
mengupload materi dalam bentuk file.
§ Assigment :
guru dapat
menetapkan tugas yang harus dikerjakan oleh siswa dalam bentuk hasil digital
dan mengapload ke server web.
§ Workshop :
Siswa dapat
mengakses project-project siswa lain
§ Database :
guru dan siswa
dapat mencari kumpulan entry record tentang suatu topik.
§ Forum :
tempat
diskusi mengenai suatu topik
§ Chat:Siswa dan guru
dapat melakukan diskusi secara realtime
4. Digital Library
5. Komunitas berbasis
Web (Forum, Milis), yaitu:
1. Komunitas Guru
2. Komunitas Siswa
3. Komunitas Orang tua
d).
Fungsi Media
Pembelajaran Matematika Berbasis ICT
Dapat menarik dan meningkatkan motivasi belajar anak,
khususnya ketika anak belajar tentang konsep-konsep yang berkaitan dengan
matematika. Akan tetapi orang tua dan guru harus tetap cermat dalam memilih
program-program yang disajikan melalui website yang terdapat di internet.
Dalam konteks pembelajaran di sekolah selalau akan terkait dua pihak utama
yaitu siswa dan guru. Baik guru maupun siswa memiliki peranan untuk saling
memberikan informasi. Untuk menjalin interaksi antara guru dan siswa ini
dibutuhkan alat yang berbasis ICT. Ada tiga fungsi ICT dalam pembelajaran,
yaitu:
1.
Sebagai alat bantu guru.
Contoh aplikasinya:
alat evaluasi siswa, sumber referensi bahan ajar, multimedia pembelajaran.
2. 2. Sebagai alat bantu interaksi siswa dan guru.
Dalam
hal ini ICT dapat berperan sebagai alat untuk mengefektifkan dan meningkatkan interaksi
antar siswa dan guru.
3. Sebagai alat bantu siswa.
Peran
siswa yang utama adalah belajar, ICT memiliki peran yang strategis untuk
membantu siswa belajar.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar