Minggu, 30 Maret 2014

Pengertian Ragam dan Fungsi Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT.

a)     Pengertian ICT

Jika ditinjau dari asal sebuah kata teknologi. Kata teknologi berasal dari bahasa Yunani, technologia, atau techne yang mempunyai arti ‘keahlian’ dan logia yang berarti ‘pengetahuan’. Sebuah definisi dari kata Teknologi, Information, Communication, and Technology (ICT), serta Teknologi dalam pendidikan. Dari ketiga definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa Teknologi adalah suatu hasil karya manusia yang dihasilkan dari penemuan sebuah pola fakir manusia yang bertujuan untuk mempermudah manusia untuk menyelesaikan pekerjaannya. Dari penciptaan teknologi tersebut diciptakanlah sebuah Informasi dan Komunikasi berbasis komputer yang bertujuan untuk menyebarkan informasi. Teknologi juga diterapkan dalam ilmu pendidikan yang bertujuan untuk menyajikan berbagai ilmu pengetahuan. 

 Pembelajaran berbasis ICT( Information and Communication Technology)  adalah pembelajaran yang berasaskan konsep pembelajaran computer dan multimedia.
ICT merupakan sistem atau teknologi yang dapat mereduksi batasan ruang dan waktu untuk mengambil, memindahkan, menganalisis, menyajikan, menyimpan dan menyampaikan data menjadi sebuah informasi.Teknologi Informasi sama dengan teknologi lainnya, dalam teknologi informasi, informasi merupakan komoditas yang diolah dengan teknologi tersebut. Bentuk dari teknologi adalah kumpulan pengetahuan (knowledge) yang diimplementasikan dalam tumpukan kertas (stacked of papers), atau sekarang berbentuk file-file dalam media penyimpan seperti disket, CD-ROM, flash disk.


b).  Ragam Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT
*       
1.      interactive multimedia instructional(IMMI)
seperti: media teks (papan tulis), audio, video.

2.      E-Media
E-Media (electronic-media) adalah media belajar yang dikemas dalam bentuk CD-ROM Interaktif. E-Media akan dapat menggali kemampuan individual siswa serta menimbulkan daya tarik, sehingga diharapkan dapat melahirkan motivasi bagi siswa dalam meningkatkan prestasi dan hasil belajarnya.

3.      E-Learning.  
E-learning adalah sebuah proses pembelajaran yang berbasis elektronik. Salah satu media yang digunakan adalah jaringan computer (intranet atau internet). Dengan dikembangkannya di jaringan komputer memungkinkan untuk dikembangkan dalam bentuk berbasis web
      Fitur :
§Lesson : materi pembelajaran yang lebih menarik, dapat terdiri dari beberapa halaman, siswa diberikan pilihan untuk menentukan halaman yang akan dilihat berikutnya.
§  Quis : guru dapat membuat paket tes dalam bentuk quiz : pilihan ganda, benar-salah, dan soal jawaban singkat.

§  Resource : guru dapat mengupload materi dalam bentuk file.

§  Assigment : guru dapat menetapkan tugas yang harus dikerjakan oleh siswa dalam bentuk hasil digital dan mengapload ke server web.

§  Workshop : Siswa dapat mengakses project-project siswa lain
§  Database : guru dan siswa dapat mencari kumpulan entry record tentang suatu topik.
§  Forum : tempat diskusi  mengenai suatu topik
§  Chat:Siswa dan guru dapat melakukan diskusi secara realtime

4.      Digital Library

5.      Komunitas berbasis Web (Forum, Milis), yaitu:
1.      Komunitas Guru
2.      Komunitas Siswa
3.      Komunitas Orang tua


d). Fungsi Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT

Dapat menarik dan meningkatkan motivasi belajar anak, khususnya ketika anak belajar tentang konsep-konsep yang berkaitan dengan matematika. Akan tetapi orang tua dan guru harus tetap cermat dalam memilih program-program yang disajikan melalui website yang terdapat di internet.

               Dalam konteks pembelajaran di sekolah selalau akan terkait dua pihak utama yaitu siswa dan guru. Baik guru maupun siswa memiliki peranan untuk saling memberikan informasi. Untuk menjalin interaksi antara guru dan siswa ini dibutuhkan alat yang berbasis ICT. Ada tiga fungsi ICT dalam pembelajaran, yaitu: 
1.         Sebagai alat bantu guru.
       Contoh aplikasinya: alat evaluasi siswa, sumber referensi bahan ajar, multimedia pembelajaran.

2.                  2.          Sebagai alat bantu interaksi siswa dan guru.
         Dalam hal ini ICT dapat berperan sebagai alat untuk mengefektifkan dan meningkatkan interaksi antar siswa dan guru.

3.     Sebagai alat bantu siswa.
     Peran siswa yang utama adalah belajar, ICT memiliki peran yang strategis untuk membantu siswa belajar.

Sumber :

http://ictinformationcommunicationtechnology.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar